TIGA TIM DOSEN PRODI MANAJEMEN FE USS “NGABDI” DI KSU SYARIAH BMT TRANS MEKAR SARI MANDIRI BANYUASIN

Tri dharma perguruan tinggi mencakup 3 hal pokok dalam kehidupan seorang akademisi, yakni pembelajaran, penelitian, dan pengabdian. Selain mengajar dan meneliti, akademisi sejatinya mengemban tugas untuk membangun kemajuan bersama melalui disiplin ilmunya. Oleh karena itu, FE USS menugaskan tim dosen Prodi Manajemen untuk melaksanakan pengabdian masyarakat bagi KSU Syariah BMT Trans Mekar Sari Mandiri yang berlokasi di Desa Mulya Sari Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin pada Kamis (16/12/2021).

Foto Bersama Tim Pengabdian Prodi FE USS dan Peserta

Ketua KSU Syariah BMT Trans Mekar Sari Mandiri, Ibu Siti Rohayah, S.Sos. menyambut baik kegiatan ini. Menurut beliau, koperasi yang dipimpinnya masih mengalami berbagai kendala dalam kegiatan sehari-hari baik yang berhubungan dengan anggota maupun masyarakat umum. Kendala tersebut antara lain terkait pemasaran, pengorganisasian, dan pengendalian kredit.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 3 tim (berjumlah 9 dosen) melakukan kegiatan pengabdian di koperasi syariah itu. Tim pertama memberikan materi tentang “Penguatan Organisasi Koperasi”, personilnya adalah Bapak Mayamin, S.H.,M.Si., Bapak Drs. Saudi Berlian, M.Si., dan Bapak Noprian, S.E.,M.M.

Tim Dosen Pengabdian I : “Penguatan Organisasi Koperasi”

Tim kedua membahas materi bertajuk “Strategi Pemasaran Produk”. Adapun ketua dan anggotanya adalah Bapak Firmansyah, S.E.,M.Si. (ketua tim yang juga menjabat Wakil Dekan FE USS), Bapak Anton Kurniawan, S.SI.,M.Si., dan Ibu Grace Twenty Agustine, S.T.,M.M.

Tim Dosen Pengabdian II : “Strategi Pemasaran Produk”

Tim ketiga memberikan “Pendampingan Teknis Pengendalian Kredit Macet”. Tim ini diketuai oleh Bapak Agustinus Supriyanto, S.E.,M.Si. dan beranggotakan Ibu Rikkie Dekas, S.E.,M.M. dan Ibu Santi Oktavianti, S.Pd.,M.M.

Tim Dosen Pengabdian III : “Pendampingan Teknis Pengendalian Kredit Macet”

Kegiatan pengabdian berlangsung lancar di Gedung Serbaguna KSU Syariah BMT Trans Mekar Sari Mandiri. Peserta yang hadir berjumlah 37 orang. Para peserta antusias mengikuti segala rangkaian kegiatan, bahkan mereka berharap FE USS dapat kembali memberikan pelatihan di KSU Syariah BMT Trans Mekar Sari. Pengurus KSU memiliki komitmen yang tinggi untuk bersama-sama memajukan koperasinya.

Peserta dari KSU Syariah BMT Trans Mekar Sari

Koperasi sebagai badan usaha memanglah memiliki tujuan untuk kesejahteraan anggotanya. Koperasi juga memiliki peran untuk membangun tatanan perekonomian nasional. Setidaknya ada 6 aspek yang harus diperhatikan untuk menjadi koperasi yang berkualitas, yaitu kinerja usaha yang sehat, badan usaha yang aktif, partisipasi anggota, orientasi pelayanan anggota, pelayanan pada masyarakat, dan kontribusi terhadap pembangunan daerah.

Kegiatan pengabdian merupakan salah satu bentuk kontribusi dosen untuk kemajuan bersama. Prodi FE USS berharap melalui rangkaian kegiatan ini dapat membantu pihak KSU Syariah BMT Trans Mekar Sari Mandiri dalam mewujudkan cita-cita dan tujuannya. Tentunya FE USS juga berharap kegiatan ini akan berlanjut dan berkembang luas agar memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.