DUKUNG PERCEPATAN VAKSINASI, USS “SUNTIK” DOSIS KE-2

Pemberian vaksin kembali dilaksanakan di Universitas Sumatera Selatan (USS) pada hari Sabtu (23/10). Namun untuk kali ini adalah untuk dosis kedua, setelah sukses menyelenggarakan vaksinasi dosis pertama pada Jumat (24/09) yang lalu. Kegiatan vaksinasi berlangsung di Kampus A USS mulai pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh civitas akademika USS dan warga sekitar Kampus A USS yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama sebelumnya.

Suasana Pendaftaran Vaksinasi Dosis ke-2

Terlihat antusiasme peserta vaksinasi dalam mengikuti proses vaksinasi kedua ini. Peserta mengantri dengan tertib berjarak beserta menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengikuti peraturan yang ada. Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Wakil Rektor I USS Ibu Dr. Ir. Leila Kalsum, M.T dan Wakil Rektor II USS, Bapak Rabin Ibnu Zainal, S.E.,M.Sc.,Ph.D. Turut hadir dalam kegiatan ini dekan dan wakil dekan di lingkungan USS serta beberapa dosen USS.

Beberapa Dosen dan Civitas Akademika Lainnya yang Mengikuti Vaksinasi Dosis ke-2

Pada pemberian vaksin dosis kedua ini USS masih bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Palembang. Dalam pelaksaananya, vaksinasi didukung oleh beberapa Puskesmas. Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac atau CoronaVac.

Salah Satu Mahasiswa Peserta Vaksinasi sedang Mengukur Suhu Tubuh

Untuk memasuki lokasi vaksinasi, peserta harus membawa KTP/surat keterangan domisili dan bukti/sertifikat telah menerima vaksin dosis pertama. Semua yang terlibat dalam kegiatan ini wajib menaati protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dicek suhu tubuhnya, dan menjaga jarak satu sama lain (terlebih pada saat di dalam ruangan). Kemudian calon penerima vaksin kedua diobservasi (screening penyakit bawaan) dan dilakukan pegecekan tensi darah. Jika petugas kesehatan menyatakan peserta layak divaksin maka petugas lainnya siap melakukan penyuntikan vaksin kepada peserta.

Suasana Vaksinasi

Dengan mulai dilakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dari tingkat SD hingga perguruan tinggi pada wilayah PPKM level 1 – 3, maka penerapan protokol kesehatan pun harus semakin ketat dilaksanakan. Selain dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), vaksinasi menjadi salah satu faktor penting untuk memastikan PTM terlaksana dengan aman. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk support USS terhadap program pemerintah untuk mempercepat pemberian vaksin. USS peduli terhadap sesama. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.