UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN CETAK 216 ENTREPRENEUR BARU YANG SIAP MENGHADAPI TANTANGAN PADA WISUDA KE-6

Palembang, 11 September 2024Universitas Sumatera Selatan (USS) sukses menggelar acara Sidang Khusus Senat Terbuka Upacara Wisuda ke-6 Program Sarjana (S1) dengan lancar dan khidmat. Acara berlangsung di Grand Ballroom Golden Sriwijaya Building Jl. Gubernur H. Bastari No. 11 Silaberanti, Jakabaring, Palembang. Wisuda merupakan momen kongregasi bersejarah bagi para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan perjalanan akademik mereka di universitas ini. Sebanyak 216 wisudawan dan wisudawati dilantik menjadi sarjana baru di wisuda kali ini.

Senat terbuka pagi itu dibuka resmi oleh Rektor USS Bapak H. Yudha Pratomo Mahyuddin, S.T.,M.Sc.,Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor USS yang menyampaikan rasa bangga dan syukurnya atas terselenggaranya prosesi wisuda hari ini.

“Alhamdulillah, hari ini Universitas Sumatera Selatan baru saja menyelesaikan wisuda ke-6 dengan total 216 wisudawan dan wisudawati yang berasal dari berbagai program studi, seperti Manajemen, Ilmu Komputer, Agribisnis, Ilmu Perikanan, dan Ilmu Komunikasi,” ujarnya.

Beliau juga menekankan pentingnya para lulusan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka di dunia nyata.

“Lulus dengan ijazah adalah awal dari perjalanan. Untuk sukses di dunia nyata dan masa depan, diperlukan lebih dari sekadar ijazah. Mereka harus terus mengasah ilmu, menambah keterampilan, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masyarakat maupun dunia kerja,” jelasnya.

Rektor USS menekankan bahwa lulusan USS harus mampu berinovasi dan menemukan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.

“USS menpersiapkan entrepreneur baru yang siap diserap oleh perusahaan atau menjadi entrepreneur guna mengatasi pengangguran di Indonesia saat ini,” katanya.

“Lulusan kita diharapkan bisa membawa perubahan positif dan inovasi untuk masa depan. Kami akan menambah program studi yang relevan dengan perkembangan zaman, seperti teknologi informasi, sosial media, seni, hukum, kesehatan, dan lain-lain,” pungkasnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Rektor USS, Kepala LLDIKTI Wilayah II, dan Wakil Rektor I USS

Dalam kesempatan yang membahagiakan ini turut hadir Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc. Beliau turut berbangga atas segala pencapaian dan prestasi yang diraih oleh USS. Beliau menilai bahwa USS konsisten dan berkomitmen menjaga kualitas dengan meningkatkan kualitas pendidikannya.

“LLDIKTI memiliki peran memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan karena itu akan terus mendampingi USS meningkatkan kualitas pendidikan tingginya. Saat ini, USS memperlihatkan kualitas dan prestasi terus membaik. LLDIKTI juga berperan memenuhi kualitas pendidikan tinggi, yang bermuara pada kualitas lulusan guna meningkatkan daya saing lulusan universitas nantinya,” ucapnya.

Selain itu, turut hadir juga Pj. Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan, Bapak Awaluddin, S.Pd.,M.Si. Beliau berharap para alumni USS bisa berkontribusi pada pembangunan di Sumsel.

Acara wisuda berlangsung penuh kekhidmatan, terlebih di sesi inti yaitu pelantikan wisudawan dan pemindahan tali kucir. Pemindahan tali kucir dilakukan oleh Rektor USS. Momen haru dirasakan oleh keluarga dan teman-teman mahasiswa yang hadir. Wisudawan-wisudawati mengenakan toga dan topi wisuda dengan cantik dan gagah, Mereka menerima sambutan meriah dari orang-orang yang paling mereka cintai. Secara simbolis tali dipindahkan dari kiri ke kanan, maknanya adalah ada perubahan yaitu selama kuliah yang lebih banyak menggunakan otak kiri dalam berpikir menjadi terjun ke masyarakat yang akan lebih banyak menggunakan otak kanan.

Dari 216 sarjana baru, ada 5 sarjana yang lebih berbangga atas pencapaiannya sebagai wisudawan terbaik. Adapun wisudawan terbaik dalam perhelatan kali ini, yaitu Saudara Aldy Febrian, S.E. dari Prodi Manajemen, Saudari Ani Sagita, S.I.Kom. dari Prodi Ilmu Komunikasi, Saudara Ahmad Fathoni, S.Kom. dari Prodi Ilmu Komputer, Saudari Tri Setyo Wati, S.P. dari Prodi Agribisnis, dan Saudari Susi Anggraini, S.Pi. dari Prodi Ilmu Perikanan.

Proses ikrar alumni dipimpin oleh Rizwan, S.E. dengan jelas dan penuh semangat. Rizwan merupakan salah satu mahasiswa berprestasi dari Prodi Manajemen yang berhasil lolos dalam Program P2MW dan magang MBKM. Selanjutnya, kesan pesan yang disampaikan oleh Saudara Aldy Febrian, S.E. seorang wisudawan terbaik.

Wisuda ke-6 USS Berlangsung di Grand Ballroom Golden Sriwijaya Building

Rangkaian upacara wisuda yang sarat makna dan kebanggaan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Jailani, S.AP.,M.Si. Wisuda juga menandakan pencapaian besar dalam perjalanan akademik seseorang. Pada hari istimewa ini, para mahasiswa yang telah menempuh pendidikan dengan penuh kesungguhan merayakan hasil usaha mereka dengan dilantik sebagai sarjana. Upacara ini bukan hanya sekadar seremoni, melainkan sebuah perayaan yang menandai peralihan dari tahap belajar ke tahap penerapan ilmu di dunia nyata. Di hadapan keluarga, dosen, dan sahabat, para wisudawan merasakan campuran emosi, mulai dari kegembiraan hingga haru, saat mereka menerima gelar yang telah mereka impikan. Wisuda juga menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan perjalanan yang telah dilalui, merayakan pencapaian, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. Dengan doa dan harapan yang menyertai, para wisudawan melangkah ke depan dengan keyakinan dan semangat baru, siap memberikan kontribusi positif dan menghadapi dunia dengan percaya diri. (AK)

Wisuda USS ke-6 dapat disaksikan melalui YouTube Channel USS.

Senat Universitas Sumatera Selatan
Rektor, Wakil Rektor I dan II, Dosen dan Karyawan USS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *