UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN BEKALI MAHASISWA BARU MELALUI PKKMB 2024

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru. Pelaksanaan PKKMB menjadi tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi yang dibantu oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa aktif.

Universitas Sumatera Selatan (USS) menyelenggarakan PKKMB secara hybrid selama dua hari pada 20 & 21 September 2024. Acara ini berlangsung di Aula Prof. Mahyuddin Kampus A USS Jalan Letnan Murod Palembang. Beberapa mahasiswa baru mengikuti PKKMB secara daring melalui Zoom.

PKKMB dihadiri oleh 160 mahasiswa baru yang antusias untuk mengenal lingkungan kampus dan beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor USS yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Leila Kalsum, M.T. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus permohonan maaf kepada mahasiswa baru dari Rektor USS karena belum dapat hadir dalam PKKMB hari pertama. Selain itu, Ibu Leila (begitu Beliau kerap disapa) juga mengingatkan pentingnya pengembangan diri dan integritas dalam dunia akademik.

PKKMB USS kali ini juga dihadiri langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc. Beliau mengapresiasi USS yang berusaha memberikan bekal kepada mahasiswa baru melalui PKKMB dengan baik sehingga proses adaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi menjadi lebih cepat.

Pemakaian Jaket Almamater kepada Perwakilan Mahasiswa Tiap Prodi Sebagai Simbol Peresmian Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025

Pada hari pertama, mahasiswa baru menerima materi tentang Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Pencegahan dan Penanganan Intoleransi dan Radikalisme yang disampaikan oleh Letkol Inf. Erwinsyah Taupan, S.H.,M.Si. Wakil Asisten Teritorial Kasdam II Sriwijaya. Setelah itu, Prof. Dr. Ir. Leila Kalsum, M.T. selaku Wakil Rektor I memaparkan materi terkait Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Norma Kehidupan Kampus dan Kegiatan Kemahasiswaan, Pengembangan Karakter dan Integritas Mahasiswa sebagai Intelektual. Berikutnya, mahasiswa baru juga mendapatkan ‘wejangan’ dari Wakil Rektor II Bapak Rabin Ibnu Zainal, S.E.,M.Sc.,Ph.D. tentang Kesadaran Lingkungan Hidup dan K3L, Manajemen Resiko, Kampus Sehat, dan Fasilitas Kampus.

Foto Bersama di Hari Pertama PKKMB USS
Foto Bersama di Hari Pertama PKKMB USS 2024

Perguruan tinggi menjadi salah satu lembaga yang wajib ikut serta dalam melakukan pencegahan narkoba di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu sebagai bentuk tindakan preventif, USS membekali mahasiswa baru dengan materi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan.

Pada hari kedua, mahasiswa baru juga diajak menyimak materi tentang Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa yang disampaikan oleh Ketua Pengajar Kewirausahaan, UKM PYO Jewelry  dan Nadina Salim. Selanjutnya, mahasiswa diberikan waktu untuk mengenal lebih dalam fakultas dan program studi sekaligus mengenal organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan USS.

Di sesi akhir PKKMB, mahasiswa baru diperkenalkan tentang Sistem Akademik dan Keuangan, Pengisian KRS, dan Verifikasi Berkas Mahasiswa oleh Kepala Lembaga STK USS Bapak Alamsyah Rasyid, S.T.,M.T. yang didampingi oleh timnya.

Foto Bersama di Hari Kedua PKKMB USS 2024

PKKMB dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga melalui PKKMB dapat menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Kegiatan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu: Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui PKKMB, mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *